Home » » Tujuan & Arah

Tujuan & Arah

Written By Yayasan Tarbiyatul Ulum Temayang Bojonegoro on Selasa, 17 September 2013 | 18.59

Pesantren dalam fungsinya sebagai lembaga pendidikan dan pengkaderan memiliki peran untuk mempersiapkan kader yang akan berkiprah dan membangun masyarakat menuju kehidupan beragama, berbangsa, dan bernegara.
 
Upaya kearah ini  tentunya harus diupayakan secara sistematis dan efektif sesuai dengan tujuan pesantren secara umum. Pendidikan dan pembinaan santri adalah serangkaian upaya pendidikan baik kepesantrenan maupun pendidikan formal. Hal ini dilaksanakan dalam rangka untuk menghantarkan santri menuju sebuah tipe pribadi manusia muslim yang seimbang dan utuh, baik jasmaniah maupun rohaniyah sesuai dengan visi misi Tarbiyatul ‘Ulum.

Pembinaan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan yang menambah cakrawala berfikir serta pembentukan sikap mental-spiritual, bertingkah laku sesuai dengan tatakrama dan berakhlakul-karimah sesuai dengan kultur (Budaya) Pesantren. Pendidikan dan Pembinaan santri tidak hanya meliputi pendidikan keilmuan dan pengembangan wawasan, akan tetapi juga meliputi pendidikan keterampilan dan kewirausahaan yang harus dimiliki santri untuk siap memasuki dunia yang lebih nyata.

Pendidikan dan pembinaan yang dilaksanakan di PP. Tarbiyatul ‘Ulum adalah pembinaan yang intergratif antara pendidikan di asrama dan lembaga pendidikan formal. Artinya terjadi proses saling mendukung dan melengkapi antara pendidikan yang dilaksanakan di asrama santri dengan pendidikan dan pembinaan di lembaga formal. Pendidikan dan Pembinaan yang dilakukan di sekolah diperdalam di asrama santri yang disesuaikan dengan jenjang pendidikan di lembaga formal. Sehingga tujuan santri untuk mengaji dan membina akhlakul karimah diharapkan bisa tercapai secara sempurna.

Program pendidikan di PP Tarbiyatul ‘Ulum dilaksanakan adalah sistem full day school. Program ini dilaksanakan secara integratif antara sekolah dan gang (sebutan asrama tempat tinggal santri selama berproses di PP Tarbiyatul ‘Ulum). Artinya ada proses yang saling mendukung antara program di sekolah dan program di gang.

TUJUAN
  1. Membekali santri untuk menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.
  2. Menghantarkan santri untuk berwawasan sesuai dengan jenjang pendidikan
  3. Membekali santri untuk berakhlak al-karimah sesuai dengan budaya Pesantren
  4. Membekali santri untuk mempunyai keterampilan sesuai dengan potensinya. 
ARAH

Arah dari Pendidikan dan Pembinaan santri ini terfokus kepada pengembangan diri yang memiliki keselarasan orientasi hidup ;
  1. Kepada Allah SWT. adalah Pengembangan yang berketuhanan, dan yakin akan mempertanggung jawabkan totalitas kiprah dirinya kepada Allah SWT. Implementasi ketaqwaan tersebut harus tercermin sebagai insan berbudi luhur serta bertanggung jawab dalam mengembangkan ilmu pengetahuanya.
  2. Terhadap dirinya sendiri merupakan pembinaan dan pengembangan untuk menjadi manusia religius, intelektual dan profesional dan mampu berfikir kedepan dengan berperilaku yang mencerminkan budaya kesantrian, selektif, cakap, dan terampil dalam menghadapi dan menyelesaikan setiap permasalahan baik Individu maupun organisasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar



 
Support : Temayang Fighter Cyber | X Code | Surabaya Black Had
Copyright © 2013. PONDOK PESANTREN TARBIYYATUL 'ULUM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by Mr.Abdr Rouf
Proudly powered by Blogger