Home » » Sejarah Pondok Pesantren Tarbiyatul 'Ulum

Sejarah Pondok Pesantren Tarbiyatul 'Ulum

Written By Yayasan Tarbiyatul Ulum Temayang Bojonegoro on Selasa, 17 September 2013 | 18.43

Balai pendidikan Pondok Pesantren Tarbiyatul ‘Ulum berada di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Tarbiyatul ‘Ulum . Didirikan oleh Kyai. Moh. Syamsudin, S.Ag, S.Sos pada tangal 18 Agustus 2010, Pondok Pesantren Tarbiyatul ‘Ulum terletak di Dusun Gandeng, Desa Temayang Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Tepatnya berada di jalan raya Temayang yang menghubungkan antara Bojonegoro dan Nganjuk. Kira-kira 27 kilometer dari arah Kota Bojonegoro dan 54 kilometer dari Kota Nganjuk.
Keberadaan Pondok Pesantren Tarbiyatul ‘Ulum tidak lepas dari konstruksi kemasyarakatan yang mencitakan suatu transendensi atas perjalanan historisitas sosial. Hal yang menjadi titik penting adalah kenyataan eksistensi pesantren sebagai salah satu pemicu terwujudnya kohesi sosial. Keniscayaan ini karena pesantren hadir terbuka dengan semangat kesederhanaan, kekeluargaan dan kepedulian sosial.
Berdirinya Pondok Pesantren Tarbiyatul ‘Ulum memang bukan sekedar untuk pemenuhan kebutuhan keilmuan, melainkan juga penjagaan budaya, penyebaran etika dan moralitas keagamaan. Peran penting masyarakat serta para tokoh dan ‘ulama yang ada disekitar Pondok Pesantren Tarbiyatul ‘Ulum ikut andil mensuport berdirinya pondok ini, Sehingga dalam perkembangannya sangat cepat.
Hal ini terlihat sejak berdirinya yang berada langsung dibawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Tarbiyatul ‘Ulum telah mengembangkan beberapa unit pendidikan formal dan nonformal, yaitu: (1). Ma’had islamiyah Tarbiyatul ‘Ulum, (2), TPQ Tarbiyatul ‘Ulum, (3). Madrasah Diniyah islamiyah Tarbiyatul ‘Ulum, (4).  RA Tarbiyatul ‘Ulum, (5). Play Group Tarbiyatul ‘Ulum dan dalam waktu kedepannya akan didirikan Madrasah Aliyah. Keberadaan unit-unit pendidikan di tengah-tengah kehidupan masyarakat memberikan arti tersendiri, yaitu sebagai manifestasi nilai-nilai pengabdian dan perhatian kepada masyarakat. Kepercayaan dan perhatian masyarakat luas terhadap keberadaan pesantren Tarbiyatul ‘Ulum  adalah dasar kemajuan dan perkembangan pesantren Tarbiyatul ‘Ulum di masa depan, dengan tetap mengembangkan visi dan misi pendidikan yang mandiri serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar



 
Support : Temayang Fighter Cyber | X Code | Surabaya Black Had
Copyright © 2013. PONDOK PESANTREN TARBIYYATUL 'ULUM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by Mr.Abdr Rouf
Proudly powered by Blogger